Tugas 7 APSI D 2023 - Process Modelling

Nama   : Rayhan Arvianta Bayuputra

NRP     : 5025211217

Kelas    : APSI D

TA        : 2023 (Genap)


Pengertian Process Modelling

    Proses modelling adalah Visualisasi aktivitas dan alur data yang menggambarkan bagaimana bisnis/ organisasi beroperasi.

    Mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah diantara aktifitas-aktifitas itu. Ada banyak cara untuk merepresentasikan proses model, cara yang populer adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD). 

    Ada 2 jenis DFD, Logical DFD yang menggambarkan proses tanpa menyarankan bagaimana mereka akan dilakukan. Kedua adalah Fisikal DFD yang menggambarkan proses model berikut implementasi pemrosesan informasinya.


Data Flow Diagram

Untuk memahami sebuah elemen DFD, diperlukan pemahaman terhadap komponen-komponen yang membentuknya. Terdapat empat komponen utama yang membentuk sebuah DFD, yakni:

  1. Proses: Aktivitas atau fungsi yang dilakukan dalam konteks bisnis tertentu, baik secara manual maupun terkomputerisasi.
  2. Aliran Data: Representasi tunggal atau kelompok data logis yang mengalir antara komponen-komponen dalam DFD. Aliran data selalu berhubungan dengan sebuah proses.
  3. Penyimpanan Data: Tempat penyimpanan data dengan metode tertentu. Data yang mengalir dalam DFD dapat ditambahkan atau diperbarui dalam penyimpanan data ini.
  4. Entitas Eksternal: Orang, organisasi, atau sistem yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dianalisis, meskipun berada di luar sistem tersebut.

Dalam rangka menghindari plagiarisme, perlu dilakukan penulisan ulang dengan menggunakan kalimat-kalimat yang berbeda namun tetap menjaga kesesuaian informasi yang disampaikan.


DFD untuk Transaksi Pembayaran di Transmart Menggunakan Aplikasi AlloBank

Allo Bank merupakan bank digital yang peluncuran aplikasinya dilakukan pada 20 Mei 2022 dalam acara "Allo Bank Festival". Melansir laman resmi perusahaan, Allo Bank memiliki beberapa produk yakni Allo Pay dan Allo Pay+, Allo Prime, deposito, pay later dan instant cash. Sementara beberapa layanan yang ditawarkan Allo Bank, antara lain:

  1. Bayar, fitur mudah dan praktis untuk melakukan pembayaran di merchant menggunakan QRIS.
  2. Top up, fitur yang digunakan untuk melakukan top up sejumlah dana ke saldo Allo.
  3. Transfer, fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirim uang ke rekening Allo atau Bank lain. Mudah, cepat dan aman untuk digunakan.
  4. Bayar tagihan, fitur yang digunakan untuk melakukan pembayaran, termasuk pembayaran kartu kredit, PLN, paket data dan pulsa, hingga multifinance.
  5. Tarik tunai. Tarik tunai saldo dipermudah dengan QRIS

Context Diagram


Level 0


Level 1





Comments

Popular Posts