Tugas 8 APSI D 2023 - Data Modelling

Nama   : Rayhan Arvianta Bayuputra

NRP     : 5025211217

Kelas    : APSI D

TA        : 2023 (Genap)


Definisi Data Modelling

    Data modeling adalah Visualisasi relasi/ hubungan berbagai elemen data yang dibutuhkan di dalam sistem informasi. Data Modelling digunakan untuk mengetahui di mana data disimpan, sehingga mempermudah komunikasi antar tim dan manajemen data, terutama jika terdapat banyak data pada perusahaan.

    Data modeling menekankan pada data apa yang dibutuhkan dan apa yang akan dilakukan pada data tersebut untuk suatu keperluan bisnis. 

    Secara garis besar, tujuan utama data modeling adalah untuk menciptakan metode penyimpanan informasi yang paling efisien, serta menyediakan akses dan pelaporan yang lengkap.


Data Model Aplikasi Disney+ Hotstar

1. DFD

DFD (Data Flow Diagram) merupakan gambaran grafis yang mengilustrasikan aliran data di dalam sistem. DFD perusahaan Disney+ dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana data pengguna mengalir ke berbagai komponen sistem yang terlibat dalam menyediakan pengalaman menonton. Berikut ini adalah DFD dari layanan streaming video Disney+



2. Conceptual Data Model

Konsep data modeling dalam konteks Disney+ merujuk pada proses perancangan dan pembangunan representasi konseptual data yang mencerminkan struktur, hubungan, dan aturan bisnis yang terlibat dalam operasional perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk menampilkan entitas-entitas penting yang ada dalam struktur perusahaan agar mudah dipahami data apa saja yang digunakan dan dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut adalah Contoh Data Model Konseptual (CDM) untuk perusahaan layanan streaming Disney+



3. Logical Data Model


4. Physical Data Model




Comments

Popular Posts